Jasa Animasi 2D dan 3D

Jasa Animasi 2D dan 3D

Animasi 2D dan 3D adalah sederetan gambar ilustrasi bersambung yang tersusun secara berurutan dan bila kemudian ditampilkan secara berurutan dengan tempo yang cepat, akan menimbulkan sebuah ilusi gambar yang bergerak. Ilusi gerak tercipta karena adanya pola penglihatan yang teratur pada mata manusia (persistence of vision), mata manusia cenderung menangkap urutan gambar-gambar pada tenggang waktu tertentu sebagai suatu pola.

Sejak tahun 1990-an , animasi 3D telah menikmati ledakan popularitas. Saat ini, film utama di seluruh dunia menggunakan teknik untuk membuat gambar manusia hidup yang memungkinkan pengunjung untuk merasa seolah-olah mereka adalah bagian dari dunia animasi yang digambarkan di layar.

Selain itu seperti yang kita ketahui bahwa Gambar animasi 2D dan 3D pada saat ini juga banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan dalam berbagai kegiatan ataupun sebagai perantara media yang digunakan untuk berbagai kebutuhan di antaranya :

  • Media Hiburan
  • Media Presentasi
  • Media Iklan/Promosi

Adapun beberapa manfaat menggunakan animasi 2D dan 3D antara lain yaitu :

  1. Sebagai Media Hiburan antara lain, film, game digital, Video Klip.
  2. Sebagai Media Promosi antara lain, Iklan TV, Company Profile, Marketing Video.
  3. Sebagai Media Pembelajaran antara lain Tutorial, CD Interaktif pembelajaran/
  4. Sebagai Media Presentasi antara lain Konsep Visual, Gagasan, Presentasi arsitektur.

Perbedaan Dasar Animasi 2D dan Animasi 3D

  1. Animasi 2D

Sesuai namanya, animasi 2D merupakan pembuatan gambar bergerak yang dalam hal ini lingkungannya mencakup dua dimensi. Untuk mensimulasikan gerak, memerlukan sejumlah gambar yang framenya dilakukan secara berturut-turut. Dengan kata lain, setiap gambar harus menunjukkan langkah atau perkembangan gerakan berikutnya.

Animasi 2D terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Animasi Cel

Berasal dari kata celluloid, animasi cel dapat diartikan sebagai bahan utama dalam pembuatan animasi. Animasi jenis ini juga memiliki sejumlah gambar yang diurutkan sehingga membuat sebuah objek.

Selain itu, objek yang dimaksud terpisah-pisah pada setiap cel nya, namun latar belakang atau background yang digunakan tetap sama. Animasi utuh akan terbentuk dari setiap gambar yang diputar secara bersamaan.

  • Animasi Path

Animasi Path merupakan animasi yang objeknya akan bergerak dengan cara mengikuti garis atau alur yang sudah ditentukan oleh animator. Misalnya, objek kereta api atau pesawat yang bergerak hanya mengikuti lintasannya saja. Selain itu, pengulangan animasi biasanya kerap dilakukan hingga kondisi tertentu.

 

  1. Animasi 3D

Sering disebut sebagai upgrade-an dari 2D, animasi 3D merupakan pembuatan gambar bergerak yang lingkungannya mencakup ruang tiga dimensi. Simulasi dari gambar-gambar dilakukan untuk membuat frame animasi.

Selain itu, animasi yang sudah melalui proses rendering biasanya menjadi output dari kamera virtual yang cukup populer hingga sekarang. Perbedaan animasi pun akan terlihat sangat mencolok, yakni animasi menjadi lebih hidup karena setiap objek pada animasi terlihat memiliki volume.

Pada umumnya, animasi 3D ini memiliki tiga buah fase dalam proses pembuatannya, yaitu:

  • Modeling

Dengan kontur dan struktur dari adegan 3D, sebuah objek akan dibentuk dari proses penyusunan.

  • Animation

Fase ini lebih mengarah ke proses pergerakan atau perpindahan suatu objek.

  • Rendering

Pada fase rendering, atribut-atribut seperti tekstur, transparansi, warna, dan sebagainya akan ditambahkan pada sebuah model menggunakan program khusus di komputer.

 

Manfaat Video Animasi Untuk Media Promosi

Hingga saat ini, media promosi menggunakan video animasi merupakan salah satu tren pilihan banyak para pelaku usaha, tak terkecuali perusahaan-perusahaan besar. Wajar saja, karena pada dasarnya kebanyakan orang memang lebih tertarik melihat video berbentuk animasi.

Fenomena ini tentunya menjadi peluang besar untuk meningkatkan trafik penjualan.

Kok bisa? Ya, sebagai media iklan atau promosi, para calon konsumen lebih tertarik melihat tayangan iklan yang unik dan berbeda.

Berikut ini adalah beberapa manfaat video animasi untuk media promosi bisnis anda:

  • Membangun Kepercayaan Audience

Dalam promosi, keberadaan video animasi memiliki kekuatan tersendiri terutama untuk membangun kepercayaan terhadap produk, brand, ataupun bisnis Anda.

Rasa ingin tahu audience tentang informasi produk Anda tentu akan terpenuhi karena disajikan secara singkat, padat, jelas, dan menarik. Hal tersebut membuat apa yang Anda promosikan terlihat lebih profesional sehingga secara tak langsung kepercayaan audience akan terbangun.

Oleh karena itu, peran jasa video animasi profesional seperti Next Frame Studio sangat dibutuhkan untuk membuat video yang menarik, sekaligus memuat informasi produk, brand, atau bisnis secara jelas.

  • Menyampaikan Pesan dengan Baik

Dengan menggunakan video animasi dalam media promosi, ide atau pesan dari produk/bisnis akan disampaikan dengan baik.

Bukan hanya itu, video animasi juga memungkinkan Anda untuk menyampaikan pesan, gagasan, ide, yang dikemas secara menarik sehingga branding pun secara otomatis meningkat. Hal tersebut bisa Anda dapatkan jika video animasi benar-benar memiliki kualitas, baik dalam segi editing maupun kreatifitas.

  • Menjelaskan Secara Lebih Jelas dan Menarik

Penjelasan menggunakan animasi video diklaim mampu untuk menjelaskan iklan terkait produk atau bisnis Anda dengan lebih jelas dan menarik dibandingkan melalui tulisan. Bahkan, dengan video berdurasi 1 menit saja dapat menjelaskan secara rinci hampir setara dengan konten tulisan 1000 kata.

Perlu diketahui bahwa informasi yang dikemas dalam bentuk visual cenderung lebih mudah serap dan disukai oleh banyak orang.

 

Kenapa Harus Memilih Next Frame Studio?

Mengetahui bahwa penggunaan video animasi memiliki banyak manfaat untuk kegiatan promosi, tentu Anda menginginkan video yang berkualitas.

Next Frame Hadir sebagai salah satu alternatif dalam memenuhi kebutuhan video animasi Anda. Dengan sumber daya berkualitas dan berpengalaman, Next Frame Studio dipastikan membuat Anda puas dengan video yang dihasilkan.

Bukan hanya jasa pembuatan video animasi 2D dan 3D saja, di Next Frame Studio memungkinkan Anda untuk membuat beragam jenis video. Sebut saja seperti company profile, event, pesan moral, wedding, dan lain-lain.

Next Frame memberikan bukti, bukan sekedar janji atau ciutan saja. Bertahun-tahun menekuni bidang pembuatan video, tentu membuat Kami memiliki banyak pengalaman mulai dari pelaku UKM hingga perusahaan-perusahaan ternama Indonesia dengan topik dan style beragam.

Masih bingung mencari jasa pembuatan video animasi? Anda berada di tempat yang tepat. Konsultasikan kebutuhan video Anda, curahkan semua ide dan konsep video, percayakan proses pembuatan video hanya kepada Kami.

Jika anda sedang ingin membuat animasi 2D dan 3D untuk video anda, anda bisa menghubungi NEXTFRAME STUDIO Jasa animasi 2D dan 3D yang sudah berpengalaman membuat video animasi untuk berbagai bidang bisnis untuk iklan promosi atau lainnya.